Thursday, October 14, 2010

Tips mau pindah Australia

Source: http://serabi-oz.blogspot.com/

Tulisan ini sekedar berbagi info untuk yg mau pindah ke OZ supaya mendapat info yg akurat dan up-to-date agar tidak keponthal2 spt saya yg infonya dari para senior yg udah 10 tahunan disini dan banyak yg
tidak valid lagi :)

1. Nunggu PR atau cukup Visa kerja (457)?

Emang kebanyakan lowongan buat PR dan enak kalo udah PR karena tidak perlu beli health insurance (besarnya $500/bulan untuk family 3 anak) dan school fee ($4500/annum) untuk sekolah anak-anak dan juga bisa pindah2 kerja. Pinter-pinter nego aja supaya asuransi dan sekolah anak  dibayarin kantor.
Tapi jangan kuatir, kalo kita pake visa kerja (457), expenses kita untuk food (ditentukan pemerintah, untuk family 3 anak sekitar $20K/annum) dan sewa rumah setahun tidak dikenai pajak karena dianggap
Leaving Away From Home Allowance -LAFHA (see: http://www.lafha.com.au/).
Jadi LAFHA itu sangat memperkecil pajak yg kalo PR dan citizen
besarnya bisa 38% after income $80K/annum (see:
http://www.ato.gov.au/individuals/content.asp?doc=%2Fcontent%2F12333.htm&mnu=42904&mfp=001%2F002).
Dua-duanya ada bagusnya dan yg penting pindah dulu aja :)

2. Gimana cara apply visa kerja atau PR?

Semua info dan ‘how to’-nya ada wizard linki berikut:
http://www.immi.gov.au/visawizard/

Cara cepat dan praktis adalah dengan cara minta relokasi dari company anda yg sekarang ini, dan jurus ini yg saya pake :)

Untuk apply PR, ada 3 cara yg masing2 punya kelebihan dan kekurangan:
- Apply sendiri online atau lewat kedutaan local.
Keutamaannya adalah biaya pengurusannya paling murah karena tidak ada fee tambahan.
Kekurangannya, semua dokumen, assesment dan tetek bengek administratip harus diurusin sendiri dan ini sangat njlimet. Prosesnya juga lama dan tidak tentu. Bisa sampe 1-2thn atau lebih.

- Apply menggunakan jasa agen migrasi.
Keutamaan: Semua assesment, dokumen dan administrasi diurusi oleh agen yg sudah berpengalaman. Prosesnya lebih cepat dalam hitungan bulan.
Kekurangan: Biaya agen lumayan mahal. Paling murah sekitar AU$6K.
Note: Pastikan agen migrasi anda resmi authorized by DIAC (imigrasinya OZ).

- Apply menggunakan Employer Schema.
Ini tergantung company tempat anda bekerja apa mau memberi sponsor untuk aplikasi PR atau tidak. Biasanya karena cost-nya yg sekitar AU$10K sehingga employer bias saja setuju kasih sponsor tapi sharing
cost dengan employee.
Keutamaan: Paper work diurus sama agen company yg sudah pengalaman.
Proses bisa dalam hitungan minggu.
Kekurangan: Pinter2 aja melobi bos anda supaya mau kasih sponsor dan tanggung biaya 100% :)

Proses ini yg akan saya pakai kalo nanti2 tertarik untuk ambil PR :)

3. Gimana patokan salary di OZ?

http://au.hudson.com/documents/EmpAu_SalaryGuide_ICT.pdf

http://www.robertwalters.com.au/resources/salarysurvey2010/Australia_Salary_Survey_2010.pdf


4. Gimana cari lowongan kerja?

http://jobs.au.hudson.com/

http://www.roberthalf.com.au/

http://www.robertwalters.com.au/

http://www.kellyservices.com.au

http://www.jobsearch.com.au/

http://www.seek.com.au/

http://mycareer.com.au/

http://www.jobseeker.com.au/

http://nowhiring.com.au/

5. Gimana cari sekolah?

Ini yg kudu diketahui, untuk cari sekolah lokal harus sudah punya alamat tetap, jadi harus punya rental agreement dulu untuk mendaftar sesuai daerah tempat tinggal kita. Sekolah tidak bisa menolak pendaftaran anak kita kalo kita sudah punya bukti tinggal.
School locator ada disini: http://www.schools.nsw.edu.au/schoolfind/locator/?

6. Gimana cari rumah?

Untuk viewing rumah/apartment2 yg disewakan biasanya agen disini hanya melakukannya pada hari sabtu dan hanya 15 menit inspection. Setelah itu kalo kita suka harus minta form aplikasi disertai bukti income
kita dan selanjutnya terus berdoa karena nasib ditentukan oleh landlord :) Jadi jangan buang2 waktu, tentukan pilihan lokasi, type rumah, dan harga yg paling sesuai dan dateng tepat waktu sesuai yg agen iklankan.
Untuk iklan2 rental property bisa dilihat disini:
http://www.realestate.com.au/rent
http://www.domain.com.au/?mode=rent

7. Gimana cari mobil?

ttp://australia.gov.au/faq/existing-licence-driving-in-australia
Untuk cari mobil perlu dicamkan bahwa banyak hidden fee yg bisa kita  hindari kalo kita sudah menentukan pilihan. Bagusnya beli langsung dari dealer resmi supaya tidak keblondrok. Pastikan untuk membandingkan 2-3 quote dari dealer yg berbeda dan minta sebanyak mungkin fee2 yg bisa dihilangkan sebelum melakukan pembelian terutama kalo belinya kredit.
Untuk cari mobil bisa dilihat disini:
http://www.drive.com.au/
http://www.carsguide.com.au/
http://www.carsales.com.au/

8. Gimana cari masjid?

Masjid banyak karena banyak migrant dari timteng. Lagipun komunitas muslim Indonesia sangat aktif disini dan beberapa malah sudah punya mesjid sendiri.
Masjid umum bisa dilihat disini:
http://www.international.mq.edu.au/macquarie/sydney/religion/mosques
Masjid dan aktifitas muslim Indonesia bisa dilihat disini:
http://web.cidensw.net/
http://iqro.org.au/

9. Gimana cari daging/makanan halal?

Gampang, banyak dan segar-segar khas down-under :)
http://www.international.mq.edu.au/macquarie/sydney/religion/halal_butchers
Untuk supermarket2 dan toko2 halal, souvenir2 islami, banyak di temui di daerah Lakemba.

10. Gimana cuacanya?

Uenake pooool. Disini meski 4 musim tapi tidak extreme alias pas-pasan. Winter tidak ada salju yg bikin ngilu, Summer tidak sepanas di gurun :)

11. Apalagi?

- Ada little-indonesia di daerah Randwick/Kensington. Apa aja ada termasuk sambel ijo, sambel dobret, opo wae pokoke.. :))
- Banyak majalah komunitas Indonesia yg berisi informasi2 yg sangat berguna untuk mempermudah hidup di Sydney :) yg tersedia free di supermarket2/resto2 Indonesia.
- Transportasi umum (train/bus) sangat memadai bahkan lebih baek dari ... mana ya? :)
- Jam 5 theng udah diusir sama bos suruh pulang maen sama anak2.. :)

12. Apa yg ngga enak?

- Mal tutup jam 6 sore tapi supermarket tetap buka sampe jam 12 malam.
Yg biasa windows shopping awal2 bakalan tersiksa :) Apalagi yg biasa durenan di Geylang :)
Tapi jangan kecewa dulu karena Aussie ini menurut saya adalah kombinasi Amerika dan Singapore. Meski tutup mal jam 6 spt Amerika, tapi banyak mal2 besar seperti Singapura :)
- Kemana2 naek mobil, ngga bisa turun rumah ada kopitiam atau teh tarik prata nyam2.. :)
Sak mene ndisik yo...

DISCLAIMER:
Tulisan ini hanya berbagi informasi, BUKAN kampanye, BUKAN ajakan, BUKAN juga perbandingan. Harap maklum :)

Agent untuk mengurus PR ke Australia
- http://www.australiapr.com.sg
- http://www.graham-nguyen.com
  Ausconnection di Golden Mile complex.

Circumcision/Sunat

- Dr. zailan
kliniknya namanya countryside clinic & surgery,
alamatnya 106 yishun ring road, #01-189,
telponya kalo gak salah 62570369
dokternya attentive, staf2nya bagus dan professional, dia nerima sunat dari bayi umur 3 hari sampai sebelom 3 bulan, kalo udah lewat 3 bulan, suruh nunggu sampe 4-5 taon umur anaknya
anak2 saya sunat pas waktu bayi, sembuhnya cepet, dalam 3-4 hari, rewel pas hari di sunat aja, biayanya kalo gak salah sgd 120 termasuk obat, konfirmasi lagi aja ke kliniknya
gak perlu test2 segala macem, tinggal buat appointment and dateng aja kalo dr. zailan

Learn to dive

- http://www.renscubaworx.com/
saia ambil SSI open water cert disana,orang2nya ramah2, budget kira2 $500, kalo divingnya biasanya disekitar pulau tioman atau pulau dayang di malaysia, tp untuk trip lainnya juga banyak ;)
- http://www.gilldivers.com/
- https://www.naui.org/
Diving club:
- www.kapalselam.org

Maag

Obat untuk sakit maag:
- kunyah actal sebelum makan,2 kali sehari
actal bisa di beli di salah satu counter cashier di shengsiong,
waktu itu pernah beli soalnya, harganya kalau gak salah sekitar $2 (dua dolar) isi nya 2 strips.
- Mylanta
minum obat maag itu biasanya minum air hangat suam2 gt and obatnya di lumatkan dulu jadi jangan langsung kamu beri air
- Magtasil Antacid.
Ada dijual di farmasi (NTUC trinity, guardian).
Harga lebih mahal sedikit dibanding yg tablet, tapi at least buat saya lebih bagus.

Saturday, October 9, 2010

Pulau Seribu - Indonesia

buat getaway dari Jakarta sih Kepulauan Seribu sudah lebih dari cukup, cuma jangan bandingin sama Maladewa atau Raja Ampat he..he..
http://yuyusandhisthings.blogspot.com/2010/02/nyelam-sama-putri-duyung.html


pulau bidadari:
http://wisataseru.com/2010/03/322/

pulau tidung:
http://juwtbox.blogspot.com/2010/09/perjalanan-hidung-menuju-tidung.html


Pantara Island is TOP BGT
www.pulauseribu-wisata.com/main.php?wisata=*pantara

Badut/Clown/Baloon Sculpture

- Kien Meng (Mr Bottle) - 97397503
bisa balloon sculpturing, magic show, face-painting etc.
- FunTwist - 81010388
specialis balloon sculpture
- Pauline - 84321222
event talent incl balloon sculpture
- Shufi - 98567643
event talent incl balloon sculpture

Sunday, October 3, 2010

Air/Water galonan

- www.polar.com.sg
Kalo untuk rumahan, kontrak satu tahun wajib beli 2-3 galon (19 liter) tiap bulannya tergantung nilai kontrak.
Walau dia punya brand sendiri (Polar) untuk air galonan, dia juga jual Aqua yang airnya berasal dari mata air di Sukabumi.

Helium Baloon

- www.adamevestyle.com
Kmrn ini acara anniversary kantor pesen balon helium sama mereka.
Service ckp ok & ontime anter balon nya k venue. Mereka lgs pompain ditempat.
Bkn promosi ya, cuma pelanggan yg satisfied.
- Di Landmark Village Hotel, Bugis.
Di lantai bawah ada toko perlengkapan party namanya www.azgift.com.sg
Mereka bisa sewain tabung gas heliumnya dengan deposit yang bisa diambil kembali pada saat kita mengembalikan tabungnya.
Coba kontak aja Ivy 6298 9311.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...