Wednesday, January 23, 2013

Health tips - THT/ENT

Sulit bernafas di malah hari
Sulitnya bernafas di waktu tengah malam akibat saluranb udara yang sempit, perlu diketahui bahwa saluran pernapasan kita yang rteepenting adalah melalui hidung dan yang kedua adalah tenggorokan.
Adanya pembengkakan atau iritasI pada hidung dan tenggorokan membuat oksigen yang masuk menjadi sedikit akibat saluran udara yang sempit, akibatnya sering terbangun di tengah malam dan pagi hari malas beraktivitas karena sangat lelah akibat oksigen yang kurang di malam hari, terkenal dengan sebutan sleep apnea.
Lebih parah lagi jika disertai batuk yang disertai lendir, jika didiamkan dapat membuat iritasi pada paru2....Saya sarankan agar tidur dengan posisi miring, jangan telentang karena kalau posisi miring saluran udara lebih terbuka...sedangkan kalau tidur terlentang, saluran udara tertutup.
Dan bagi anak2, jangan diberikan susu di malam hari karena dapat menyebabkan adenoiditis, tonsillitis dan sinusitis jika dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan....
Kalau ada yang mau tau tentang Dr THT dan sleep Apnea, bisa menghubungi Eirene, bekerja di Dr.Adrian Saurajen di Mount E.

THT/ENT
sejak bayi sebenarnya kita tidak boleh menggunakan cotton bud atau korek kuping karena lapisan di dalam telinga adalah lapisan kulit terhalus di dalam diri manusia. Biasanya kalau mau membersihkan ear wax, hanya dengan pakai minyak khusus pembersih ear wax.
Untuk bersihin telinga toddler
Ada byk merk, kayak waxsol, earex, cerumol, dsb...so far banyak yg pake earex, membersihkan telinga cukup sekali seminggu, 3 tetes di setiap telinga terus diamkan, jangan dikorek2 pake cotton bud. Kalau ear waxnya keras baru 2 kali seminggu. Tapi ini digunakan pada telinga normal yah, bukan pada telinga yang terinfeksi.
Yang terpenting dilarang mengorek2 telinga, karena bisa menimbulkan luka bahkan lubang pada gendang telinga tanpa disadari dan merangsang kotoran telinga lebih banyak. Terutama pada bayi dan anak2 , waspadalah, juga jagalah telinga saat berenang, terutama jika ke pantai, ada kasus telinga yg kemasukan pasir jadi infeksi :(
Ear candling berbahaya
Membersihkan pake ear candling berbahaya, 1 x atau 2 x maybe belum ketahuan effect negativenya, tapi dapat merusak gendang telinga atau eustachian tube...
Beberapa kali kita menjumpai pasien, sisa candlenya masih tertinggal di dalam telinga, bahkan hampir merobek inner ear drum


  Tinnitus
Kebetulan saya kerja di Hearing Solution,sebagai konsultannya,  nah biasanya kalo masalahnya tinnitus, ini tidak bisa disembuhkan. Tapi bisa dimanage. Info lebih jelas bisa ke www.thsc.com.sg, Sudah berapa lama ada gangguan akibat tinnitus, kalo masih baru banget kurang dari 6 bulan, sebaiknya segera ke dokter dulu, dan biasanya ENT disPore, bakal refferal ketempat kita untuk tinnitus assesment, karena di Spore hanya ada 2 tempat untuk melakukan assesment ini, di THSC sama di NUH.

Snoring/Mengorok
Ternyata snoring atau mengorok itu tidak baik, terutama buat anak2,karena penyempitan saluran udara mengakibatkan manusia mengorok. Disarankan kalau memiliki anak2 berumur 2 tahun ke atas, sebelum tidur,jangan diberi susu karena asam susu dan asam perut bercampur dapat menyebabkan tonsil(amandel), adenoid bahkan sinusitis.
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...