Skip to main content

KTKLN

Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri

Bikin KTKLN di Batam

Bawa berikut beserta copyan nya (bikin 2 copy mendingan)
1) bawa paspor
2) perjanjian kerja dari kbri
biasa perjanjian kerja dibuat saat perpanjangan paspor. persyaratannya sih cuma disebut perjanjian kerja tapi boleh tidaknya dipakai yang versi agen, saya kurang tahu
3) ic
4) siapin duit buat bayar asuransi lagi (silahkan google sendiri ... ada teman2 indosing yang ngotot bahwa di sg udah ada asuransi dan lolos, tapi terserah anda)

P4TKI Batam
http://www.bnp2tki.go.id/bp3tki.html
tertulis di website:
Jl Puri Industrial Park 2000 No: 1, Batam Center, Kepulauan Riau, Telp: 0788-3154130/ 0788-463555
sejak April 2012, pindah ke:
Kompleks Ruko Greenland, Blok E, No.3A, Batam Centre
telp:0778-3154130
email:p4tki_batam@yahoo.com
http://hplrtisgroup.blogspot.sg/2012/10/pembuatan-ktkln-di-batam.html

Perlukah bikin KTKLN?
25/2/2013 KAlo soal ditanya legalitas, jawabnya perlu.
Tapi saya sendiri bukan hal percaya akan dukungan yang diberikan kepada pemegang KTKLN dan memandangnya secara skeptis. Jadi kalo bisa, saya pribadi, ndak peduli soal KTKLN.
Nah bagaimana caranya supaya lewat dengan sukses? :
a. harus tidak ada yang mencirikan bahwa pemegang passport adalah TKI/TKW. Cirinya seperti yg saya tulis di email sebelumnya.
b. penampilan harus meyakinkan.

Saya sendiri punya pembantu di Bali yang kadang saya panggil untuk emergency selama 30 hari bantu bantu. Pertama kali exit lewat Jakarta, dan pakai passport pribadi 48 halaman yang masih kosong. Tetap nyangkut ditanya KTKLN, mungkin karena penampilan. Tapi begitu saya datangi petugasnya dan saya bilang kalo dia traveling dengan saya, dilepas. Setelah itu 2 kali lagi datang sendiri tanpa ditemani, lewat saja. Mungkin karena sudah ada cap sebelumnya.

Jadi tinggal seberapa waktu luang anda untuk membuat KTKLN. Kalo memang ada waktu luang, ya dibuat saja selama di Indo.
Sekali lagi saya ulang, aturannya bilang perlu. Saya sendiri tidak punya problem ini kebetulan karena belum ada maid saya yang ikut lebih dari kontrak 2 tahun (sementara KTKLN kan 2.5 tahun).

Ciri-ciri passport TKI:
passport 24 halaman dan/atau pemegang Work Permit, atau di passport anda ada stempel penempatan kerja oleh suatu badan tenaga kerja Indonesia.

Experiences
Dec lalu saya urus embak punya ktkln langsung ke airport soetta pas embak mau balik lagi ke sg. Lgsg kelar kok, bayar asuransi kira2 300-400rb an lupa, utk 2 thn sama isi form di situ.ga bawa surat kbri mengenai kontrak2an tempo hari.
Pagian aja ke airportnya soalnya antriii urusin ktkln nya di airport. (Terminal 2)
-anon-

pertengahan tahun lalu jul 2013, saya dan 2 teman yang juga punya maid dari indonesia mengirim pembantu2 kami ke Batam untuk membuat KTKLN. Persyaratannya membawa work permit, fotokopi ID majikan dan kontrak kerja dari KBRI (anda harus membawa maid anda ke KBRI dulu untuk membuat kontrak kerja ini). Untuk mendapatkan KTKLN tiap maid juga akan diharuskan membeli asuransi tenaga kerja.

Mereka naik ferry pertama ke Batam pagi-pagi lalu naik taksi ke kantor BNP2TKI (maaf saya tidak tahu alamatnya, tapi supir taksi banyak yang tahu tempatnya). Sorenya mereka kembali naik ferry lagi ke Singapur.

Comments

  1. Pembantu saya mahu ke Singapore tetapi tidak ada ktkln. saya tidak mahu gaji nya dipotong oleh agent.Indonedia embassy di Singapore tidak mahu be kotrak kerja sebab pembantu saya sudah pulang ke Indonesia. Bagaimana caranya dia datang ke Singapore tanpa agen dan bikin KTKLN? Harap bantu saya dalam masalah ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sorry setau saya harus pake agent dech untuk bikin ktkln bisa bikin di batam. kalo ngga pake agent saya kurang tahu..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cooking terms

Chuck - Sampil/Lamusir Chuck tender - Kijen Brisket - Sandung Lamur Brisket naval end - Sandung lamur bagian pangkal Brisket point end- Sandung lamur bagian ujung Tenderloin - Has dalam Sirloin - Has luar Flank - Samcan or tetelan Silverside - Paha atas Bottomround - Paha bawah Rump - Tanjung Shank - Sengkel Ribs - Iga Knuckle - Tunjang/Kikil Ox tail - Buntut sapi Ox tongue - Lidah sapi Tripe - Babat Brain - Otak Innards - Jeroan Giblet - Ampela Ground beef - Daging cincang Hope it helps. :)

How to renounce Indonesian Citizenship to obtain Singapore citizenship

What you need before going to Indonesian Embassy Here's the step in English: 1) Make a Declaration Letter from Notary Public that you want to renounce your Indonesian citizenship Includes - ICA Approval letter - Passport - Indonesian Birth Cert - SKBRI (if any) - KK - Kartu Keluarga (if any) - KTP - Indonesian IC (if any) If you do not have any SKBRI/KTP/KK, just state in the deed poll declaration This will cost $150 (cash) You can use this Notary Public Tan, Lee & Choo Advocates & Solicitors 1 Park Road #04-04 People's Park Complex (next to Chinatown MRT) Singapore 059108 Tel: 6535 6077 (can speak to Donna, she's quite nice) Alternatively: Tan Kwong Wah ADI hp: 90038909 101 Upper Cross Street #04-22 People's Park Centre Singapore 058357 Telp 64380388. 2) The declaration letter from (1) needs to be certified by Singapore Academy of Law, located at Supreme Court Level 4 (that UFO-like building in City hall) This will cost $80.50

Gastroenterology lambung/Dokter specialist pencernaan/internis/ambeian

Specialist Gastric - Dr Lukman Wijaya (dari Medan, Indo) Location: Mt Elizabeth Medical Centre orang indo lulusan Inggris  - Dr Lim Kiam Peng Location: Mount E orangnya pintar dan baik - Dr Cheng Jun Location: Mount Elizabeth susternya galak2 :(  - Dr. Benny Ang Location: Mount Elizabeth - Dr. Ng Pock Liok Location: Mount Elizabeth - Dr. Andre Rajnakova Location: Mount Elizabeth Medical Centre Kemaren ada temen coba ke dia katanya sih bagus banget n orangnya ramah sama pasien. https://www.docdoc.sg/stomach-colon-liver-doctors/dr-andrea-rajnakova  - Dr Ong Wai Choung Location: SGH - Dr. Eu Kong Weng Location: SGH -  Dr Melissa Teo CC Location: National Cancer Centre, SGH Kategori: colorectal   - Dr Teh Lip Bin  Gastroenterology & Medical Clinic 6, Napier Road #04-04 Gleneagles Medical Centre Singapore 258499 Phone : 64721822 - Dr Dede Selamat Sutedja 6A Napier Road, Gleneagles Medical Centre, #03-37   Singapore 258500 Telp 6472 0337 banyak banget