Thursday, August 19, 2010

Solo/Surakarta


bisa ke Solo Square... jalan2 ke manahan... makan sate kambing, gudeg adem ayem, Ceker, Thengkleng, Nasi Liwet (jangan beli yang di "Wongso Lemu" Keprabon)... ke Pasar Klewer, PGS... Mancing di Janti (deket Cokrotulung)... ato makan lesehan di Pak Kumis ato Pak Item... liat2 Keraton juga bisa (ada Kasunanan ama Mangkunegaran) ke Alkid (Alun2 Kidul), Silir - red district... hahahahaha

Hus....Silir dibawa2....hahaha...ga sekalian pesta ciu bekonang...kalo ga,ke hailai dunk...^_^V...masih buka ga yah...hahaha....
Kalo sekarang yang paling OK,emang SGM (Solo Grand Mall), yang lain :
- suka belanja batik dkk (Pasar Klewer ato PGS)
- demen makan,sesuai saran di bawah plus kalo suka Es Campur bisa ke Nini Towong, di sebrang nya juga ada sate kere (Sate Sapi)
- Kalo mau relax lagi,ke luar kota Solo dikit, bisa "mancing" di Njanti atau pergi ke Tawang Mangu+Grojogan Sewu (air terjun)...istilahnya kalo Jakarta itu,maen ke Puncak....kalo mau lanjutin lurus lagi...dari Tawang Mangu bisa terus ke Cemoro Sewu trus Sarangan lake...alias danau....dingin udaranya....tp btw,mesti ada transport tuh,kalo ga...rada susah...transport di Jakarta aja msh jelek,gimana sistem transportasi di Solo ^_^.
- Kalo demen ke Kraton,ato kalo mau keluar dikit,bisa ke Jogjakarta,liat Candi Prambanan, Ambarukmo Mall (ini paling baru), malioboro dan kalo ga keberatan keluar lagi...ampe Muntilan,liat Candi Borobudur...kalo dokunya kuat,bisa nginep di Aman Jiwo,kayak resort gitu^_^
Basically,Solo ga ada apa2,kecuali tempat makan dan mall,kalo mau yg activity,meski ke luar Solo,minimal 1 jam nyetir,kecuali demen ke Kraton Solo yah....gw ga demen^_^
Kalo dari solo mau ke Tawang Mangu (bisa naik bus umum tapi perjalanan agak lama bisa 2jam) , mancing aja di Karang Pandan (kira2 2km sebelum sampai karang pandan ada POM bensin tanya deh tempat pemancingan dan hasil pancingan bisa minta dimasak), atau resto di atas Karang Pandan kira2 3-4Km sebelah kanan jalan ke arah Tawang Mangu. Di Tawang Mangu kalo mau camping bisa di Skipan (tanya orang sana pasti tahu tempatnya) kalo ga mau repot ya di Wisma Asri (ada tempat main anak2), makan pecel Mbok Gento/ Bu Ugi jalan kaki kearah naik dari Wisma Asri kira2 100meter kiri jalan. Sore2 makan jagung bakar dan satai kelinci di Cemoro Sewu sambil merasakan udara dingin (bisa naik kendaraan Colt Disel jurusan Tawang Mangu - Sarangan). Ke Sarangan juga bisa naik kendaraan umum Colt Disel, menginap hotel di pinggir danau Sarangan, bisa naik speed boat keliling danau.

Kalau mau mandi air belerang pergi aja ke Seragen (tanya orang sana tempat pemandian air belerang) harus bawa kendaraan sendiri karena ga ada angkutan umum. Kalau doyan sate RW ada di pusat kota Seragen sebelum jam 12.00 laris dan cepat habis. Kalau mau sate kambing bisa ke Mantingan (perbatasan Jateng-Jatim) disana kios2 sate kambing berderet-deret dan satenya biasanya empuk. Atau kalo mau sate bungkus (kambing) di mangkunegeran solo.
Mau Timlo solo yang asli di Mien Satu daerah Mbalong. Ke Pasar Besar makan ayam goreng kampung yg baru digoreng oleh mbok-mbok dan minum dawet (ada 1tempat yang laris).
Malam hari bisa makan mie goreng/ mie godhok jawa (masak masih pakai anglo )dipinggir jalan, di daerah danukusuman. Pagi bisa makan tahu kupat di daerah pasar-kembang, makan mie-ketoprak yu nani di.... (lupa nama jalannya). Makan Soto ayam gading atau soto ayam veteran.
Kalo mau makan nasi-liwet di kratonan dari arah serengan (pagi hari) atau di daerah pasar-besar (dekat toko jual ikan hias) pagi hari, jangan di keprabon (malam hari) harganya selangit.
Kalo mau makan tengkleng (kambing) di jalan tanjung anom dekat batas kota pagi-siang (kesiangan habis). Terus yang khas wedangan bisa di bunderan Pers (kalo belum pindah).
Jangan lupa beli roti Mandarin di ORION buat oleh2 indosingers.
Pulang2 berat badan naik deh.
Trus Bakmi Kethoprak Yu Nani itu di Gatsu...tp belok gang lagi seh...di solo ada Gatot Subroto juga kok...ke arah Singosaren.
cm fyi kalo Kethoprak Solo ma Jakarta beda yah...jgn harap ada bumbu kacangnya..soalnya dl pas di Jakarta...gw yg shock...dgn happy nya panggil abang2 tukang kethoprak...pas dijualin...gw bengong...diapain tuh kethoprak gw hahaha....

Kalo Soto banyak banget di Solo...Soto Gading,Soto Tipes,Soto Kirana banyak deh...rata2 soto ayam...kecuali Soto Tipes...Soto sapi
Kalo Sate kambing...buanyak banget...di kampung baru, Mangkunegaran juga,paling TOB Sate Mbok Galak Soember....dkt Manahan...besar2 dan ada sumsum segala...trus kayaknya mereka nyebut satenya Sate buntel,bukan sate bungkus.CMIIW. ada juga Sop Kaki kambing...ceker ayam deket stasiun balapan....kuto solo sing dadi kenangan...kowe karo a*u...hihihi...sering banget denger di kethoprak humor dulu.

Kalo suka Wedhang Ronde bisa ke gajahan,Sri Redjeki...ada siomay bandung dan otak2 juga...
Apalagi yah...aku kok mendadak laper lagi yah...hahaha....
oh ya,tambahan buat Roti....ada yg enak juga...roti Jenny...dkt2 Orion juga...


Sewa mobil
Amora 083866771168/08976787818
Jl Melati III BI No 6 Solo Baru

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...