Skip to main content

Malacca

Food: peranakan food biasa no pork no lard.
Devils curry. Seafood di Portuguese settlement malam hari, pinggir laut, satu hotel
mahal di situ lokasinya.
Btw kalau dekat natal rumah2 penduduk dihiasi lampu natal karena rata2 katolik Dan yang tua2 biasa pensiunan pelaut. Popiah di satu toko sebelom masuk jonker street namanya "cap ji keng" lumayan enak.
Jonker street mgkn kayak pasar baru atau mangga besar thn 1980an jaman saya kecil. gedung2nya lebih tua.
Ada museum peranakan (tidak boleh foto di dalam) Di ujung jonker street dekat stadhuis Ada Toko chicken rice ball yang terkenal Dan sebelahnya toko oleh2
Islamic Museum kecil, lumayan bagus, depannya Ada kereta Api yang di film little nyonya.
Museum lain2 di sebelahnya juga ada tapi ga pernah masuk. Stadhuis. Peninggalan belanda. Dalamnya cerita ttg kerajaan Melaka, penjajahan belanda & portugis, dsb.
Sama spt Penang, juga banyak gereja tua.
Ini umumnya tujuan wisata kuliner orang sing sabtu minggu.
Paket tour bisa dibeli di hotel maupun online untuk Penang, Kuching.
Di Melaka naik taxi atau bus tidak pernah beli daily tour package.
Tidak pernah ke zoo maupun afomosa.
Di KL juga demikian.


Transportasi
Saya waktu itu dri SG - Malaka jadi nggak thu klo dri KL to Malaka, tapi kayake semua murah deh kalo dri sesama malaysia (compare to singapore yah)

Bus. Berangkat dari terminal di Kotaraya (dekat MRT Plaza Rakyat). Harganya around RM15 kali ya? Jaman aku sekolah tahun 2005 seh RM10 doank (ga nyampe kayanya)

http://www.707-travel.com.sg/products_services/express.html
harganya SGD22 naeknya dari daerah bugis, trus jangan lupa book juga
tiket balik Melaka - SGnya (22 Ringgit)...

Hotel/Akomodasi
 
- Hatten hotel, lokasi cukup central dan juga termasuk hotel baru, di sebelahnya ada mall (mahkota parade), di depannya juga ada mall.
kalo malem di deket mahkota parade itu suka ada pasar malem. cuman kalo emang mau ke daerah tourist spot (jonker street, dkk) agak jauh.Hatten emang udah paling mantap..
Kemaren tinggal sana, masi baru 2 bulan.. makanan breakfast jg banyak pilihan.

- Kalo mau alternatif lain, hotel fenix inn. 

- Baba house di Jongker St
tempatnya bersih, murah dan deket ke mana-mana
popular and recommended
- Rooftop guesthouse
bersih kamarnya n belakang jonker st.

- motel sayang sayang....
salah satu cabang dari sayang2...letakny tinggal  ngesot dr jonkervwalk.....
grup mrk adl youth hostel sayang sayang the jiong guest house motel sayang2 sayang2 guest house apartmen sayang klo ga salah....
tempatny yg motel sayang , baru, bersih...yg handle anak muda, informatif,helpful....koper gw dibawain lg sm suaminy ke lantai 3....oke bgt deeeh....

- Kalo saya tinggal di guest house gitu lah berhubung waktu itu pergi ama temen2 bujangan, semalam kena 15 ringgit per orang, tapi kondisinya ya cuman tempat tidur, AC, kamar mandi share. Kayaknya kalo untuk pergi bareng keluarga kurang cocok, ini cuman utk backpacker yg mau travelling murah.
Waktu itu istri tinggal di hotel tapi lupa namanya, aku cari di internet waktu itu dan booking online, nanti kalo inget ku share lagi

Hotel di sana generally ga mahal. Kalo mau deket sama Mahkota Parade dan main attractions seh Century Mahkota (atau Mahkota Hotel ya)? Kalo mau yang beda, bisa coba Hotel Puri atau The baba House yang reflects Peranakan Culture. Hotel Equatorial atau Bayview juga ga mahal2 amat.

- Hotel Bao Shu 

Jalan Bunga raya, bisa order di booking.com terus sampe sono bayar cash.
bagus untuk harga segitu n baru, dekat tempat makan halal and ga halal
- D'brug
rumah kecil pinggir kali, isinya ikea furnitute, agak mahal.

- Aldy Thoo hotel
bagus dan murah kalo mau check up di Putra hospital.
quayside hotel
Lokasinya di jonker street deket sm melaka main attraction.

Security/Places to visit
kalo anda suka museum, mungkin tempat ini sangat cocok karena banyak sekali museum disini. Dan dengar2 di kota ini terkenal dengan tempat berobat, karena biaya yang relatif lebih murah dri singapore dan *katanya* kualitasnya sebanding dgn singapore. Tapi kalo anda mau shopping modern, forget this place, barang2nya kebanyakan souvenir2 serta makanan untuk oleh2
Masalah keamanan mungkin sama kayak Indonesia, lumayan aman koq, orangnya juga ramah2, cuman yang perlu anda perhatikan adalah masalah taksi/ angkutan umum yg sifatnya private, jadi rulenya cuman satu: tanya / negotiate harga dulu sebelum anda naik. (Pengalaman buruk istri yang langsung naik tanpa tanya2 dulu dan akhirnya harus bayar lumayan mahal untuk jarak yg sangat dekat)

Di tempat apapun harus hati2, even di SG. Saya ke sana uda 7 kali, so far ga apa2.
Tempat2 yg harus dikunjungi kalo di Malacca city: A-Famosa Fortress, Ruin of St Paul, Stadhuys and Christ Church - ini semua deket2an, bisa jalan kaki. St Paul letaknya di atas bukit jadi mesti naik tangga, tapi manageable. Bisa naik beca yang didekor warna warni, lucu deh. Dekat sana ada museum independence juga kalo mau slipaway from hot weather. hehe...
Dari Stadhuys, jalan lurus terus bisa visit Kampung Keling Mosque dan Cheng Hoon Teng Temple, sama 1 temple India (lupa namanya). Cheng Hoon Teng itu the oldest temple (in Malaysia or Melaka ya? Lupa...).
Kalo mau naik taksi, bisa ke Hang Li Poh Well dan Sam Po Kong Temple. Ini major landmark di Malaka yg pasti harus dikunjungi.

Saran: enak tiba di melaka pas saturday. Ada pasar malam Jonker Street jual berbagai macam makanan yang enak.

tempat wisata bisa coba browse di google/wiki ato ga klo ada waktu kunjungin foto2 saya waktu disana di
http://www.flickr.com/photos/marboed/sets/72157624099723201/
yg rada masalah itu transport, kecuali backpaker sejati yg bisa jalan kaki, angkutan disana rada kurang, taksi juga rada jarang di jalan biasa, banyak cuma di mall ato ga tmpt wisata. klo mo naek taksi jangan lupa nawar and ambil ancang2 pergi klo masih ga mo turunin harga.

Tempat makanan
Tempat makanan gampang, mau yang halal atau yang non halal banyak tersedia disini dan harganya relatif sangat murah compare dengan singapore, tempo hari mostly saya makan di daerah jongker walk. rekomendasi makanan:
sate celup, nasi ayam, fish head curry.

Makan di Melaka ga susah. Gampaanggg banget. Banyak Indian mamak stall yang pricenya reasonable deket2 Mahkota. Selain itu banyak juga resto chinese, muslim or peranakan dekat2 sana. Tapi yang recommended:

Chicken Rice Ball -
yang terkenal banyak bintang film makan itu Famosa Chicken Rice Ball (Gu Cheng): http://www.chickenriceball.com. Ini di Jonker Street.
Aku pribadi lebih suka Chung Wah: http://www.onestopmalaysia.com/food-reviews/malacca/chung-wah-chicken-rice-ball.html. Chung Wah depan Stadhuys.

Soya Bean!
terus ga tau knapa gue doyaaannn banget sama soya bean yang di-produce di melaka. Ga dijual di manapun cuma di Melaka. Yang ini mereknya: http://blog.ahkwong.com/2006/11/16/san-bao-jin-soya-bean-stall/.

Satay Celup
Ini kayak steamboat, tapi instead of dimasak pake air, dimasaknya pakai kuah kacang. ENAAAKKKK... http://www.amazingmelaka.com/2007/07/31/food-melaka-capitol-satay-celup/

Capitol Satay Celup Restaurant
41 Lorong Bukit Cina,
75100 Melaka,
Malaysia
Itu satay celup yang katanya (kata petugas wisata Malaka) paling terkenal. Buka jam 5 sore, siap2 ngantri dari sebelum buka.
Mba2 nya orang jawa kebanyakan, jadi bisa ngobrol2 juga.

Peranakan Cuisine
Ini Baba and Nyonya Food generally, mirip sama di SG tapi enakan di Malacca karena originated from there.

Tan Kim Hock Durian Dodol
Dodol durennya enak. Beli langsung dari pabriknya. Di sini jual Durian chendol yang sangat yummy.... hmmm....

Shopping - not much to recommend, paling Jonker Street or Mahkota Parade aja.

Malacca seh kalo mau diubrak abrik... generally 2D1N cukup lah. Sampe pagi pulang malam. Kinda different experience.
Botolannya dijual di Chung Wah. Susah bener nyarinya tuh.

Comments

Popular posts from this blog

Cooking terms

Chuck - Sampil/Lamusir Chuck tender - Kijen Brisket - Sandung Lamur Brisket naval end - Sandung lamur bagian pangkal Brisket point end- Sandung lamur bagian ujung Tenderloin - Has dalam Sirloin - Has luar Flank - Samcan or tetelan Silverside - Paha atas Bottomround - Paha bawah Rump - Tanjung Shank - Sengkel Ribs - Iga Knuckle - Tunjang/Kikil Ox tail - Buntut sapi Ox tongue - Lidah sapi Tripe - Babat Brain - Otak Innards - Jeroan Giblet - Ampela Ground beef - Daging cincang Hope it helps. :)

How to renounce Indonesian Citizenship to obtain Singapore citizenship

What you need before going to Indonesian Embassy Here's the step in English: 1) Make a Declaration Letter from Notary Public that you want to renounce your Indonesian citizenship Includes - ICA Approval letter - Passport - Indonesian Birth Cert - SKBRI (if any) - KK - Kartu Keluarga (if any) - KTP - Indonesian IC (if any) If you do not have any SKBRI/KTP/KK, just state in the deed poll declaration This will cost $150 (cash) You can use this Notary Public Tan, Lee & Choo Advocates & Solicitors 1 Park Road #04-04 People's Park Complex (next to Chinatown MRT) Singapore 059108 Tel: 6535 6077 (can speak to Donna, she's quite nice) Alternatively: Tan Kwong Wah ADI hp: 90038909 101 Upper Cross Street #04-22 People's Park Centre Singapore 058357 Telp 64380388. 2) The declaration letter from (1) needs to be certified by Singapore Academy of Law, located at Supreme Court Level 4 (that UFO-like building in City hall) This will cost $80.50

Gastroenterology lambung/Dokter specialist pencernaan/internis/ambeian

Specialist Gastric - Dr Lukman Wijaya (dari Medan, Indo) Location: Mt Elizabeth Medical Centre orang indo lulusan Inggris  - Dr Lim Kiam Peng Location: Mount E orangnya pintar dan baik - Dr Cheng Jun Location: Mount Elizabeth susternya galak2 :(  - Dr. Benny Ang Location: Mount Elizabeth - Dr. Ng Pock Liok Location: Mount Elizabeth - Dr. Andre Rajnakova Location: Mount Elizabeth Medical Centre Kemaren ada temen coba ke dia katanya sih bagus banget n orangnya ramah sama pasien. https://www.docdoc.sg/stomach-colon-liver-doctors/dr-andrea-rajnakova  - Dr Ong Wai Choung Location: SGH - Dr. Eu Kong Weng Location: SGH -  Dr Melissa Teo CC Location: National Cancer Centre, SGH Kategori: colorectal   - Dr Teh Lip Bin  Gastroenterology & Medical Clinic 6, Napier Road #04-04 Gleneagles Medical Centre Singapore 258499 Phone : 64721822 - Dr Dede Selamat Sutedja 6A Napier Road, Gleneagles Medical Centre, #03-37   Singapore 258500 Telp 6472 0337 banyak banget